Membuat blog bukanlah hal yang sulit, siapa pun bisa membuatnya dengan mudah. Bahkan Anda tidak perlu menguasai coding atau programming sama sekali untuk memulainya. Dengan bantuan platform yang tepat, Anda bisa membuat blog berkualitas dan bahkan bisa menghasilkan uang darinya.

Kabar baiknya, Anda telah datang ke artikel yang tepat. Di sini kami akan menjelaskan apa itu blog dan bagaimana cara membuat blog dengan mudah. 

Apa Itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis website yang berisi konten-konten hasil pemikiran dari penulisnya. Penulis blog pun tidak harus selalu dikelola oleh satu orang saja. Bahkan biasanya blog yang sudah besar memiliki banyak penulis yang bertugas mengisi konten secara terjadwal. 

Blog juga tidak hanya digunakan untuk keperluan persona. Banyak perusahaan kini yang mulai membuat blog untuk keperluan bisnis. Mereka menjalankan content marketing melalui blog perusahaan. Tujuannya untuk memperoleh konsumen secara organik dari hasil pencarian Google. 

Manfaat Membuat Blog

Membuat blog tidak berhenti ketika Anda selesai menginstall platform blog. Itu bahkan baru langkah awal dalam rangkaian panjang membuat blog. Anda perlu melakukan riset keyword, rajin membuat konten, memromosikan blog, dan lain sebagainya.

Aktivitas mengelola blog tersebutlah yang akan mendatangkan manfaat. Berikut adalah empat manfaat utama membuat blog:

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Manfaat pertama tentu saja meningkatkan skill menulis Anda. Karena konten utama pada blog adalah teks, Anda akan dituntut untuk selalu menulis. Menulis konten di blog tidak hanya sekadar menulis ya. Namun, juga harus dibarengi kualitas yang baik. 

Kenapa? Karena blog Anda akan sepi pengunjung jika diisi dengan tulisan kualitas rendah. Maka dari itu, Anda akan selalu dituntut untuk meningkatkan kualitas menulis konten. Artinya, kemampuan menulis Anda juga akan meningkat selama mengelola blog.

2. Menambah Skill Baru

Konten utama pada blog memang teks, tapi tidak semuanya harus berbentuk teks. Anda tetap memerlukan media visual seperti gambar, foto, infografik, bahkan hingga video. Media visual seperti inilah yang akan membuat konten di blog Anda menarik. 

Dari situlah Anda akan menambah skill baru. Anda akan dituntut untuk belajar mengambil foto yang baik, belajar membuat infografik sederhana, hingga bahkan belajar editing foto dan video. Meskipun tidak perlu mempelajari semuanya hingga tingkat profesional, setidaknya Anda punya skill baru yang bisa ditambahkan di CV. 

3. Menjadi Media Promosi

Blog adalah salah satu media promosi yang efektif saat ini. Sebab dengan blog, Anda bisa menjangkau audiens baru melalui hasil pencarian Google. Tentu ini hal yang tidak bisa Anda lewatkan karena Google merupakan sumber informasi utama bagi sebagian besar orang. 

Orang-orang menggunakan Google untuk mencari tutorial, review, hingga barang yang ingin dibeli. Nah, dengan punya konten-konten berkualitas di blog, Anda bisa menjangkau banyak orang di hasil pencarian Google. 

4. Menghasilkan Uang

Ya, Anda tidak salah baca. Anda bisa menghasilkan uang dari blog. Ini bukan isapan jempol belaka. Bahkan banyak blogger yang telah menjadikan blog sebagai sumber penghasilan utama. Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama. 

Ada banyak pilihan cara untuk menghasilkan uang dari blog. Anda bisa menjalin kerja sama endorsement dengan brand, memasang iklan AdSense, mengikuti program afiliasi, berjualan merchandise, atau bahkan membuka kelas atau konsultasi online.

Apa yang Dibutuhkan untuk Membuat Blog?

Untuk membuat blog, setidaknya Anda membutuhkan tiga hal berikut:

1. Platform Blog

Komponen pertama yang paling penting untuk membuat blog adalah platform blog. Semua aktivitas blogging Anda akan dilakukan di platform ini. Jadi, pastikan memillih platform blog terbaik dan yang paling mudah digunakan. 

Salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk membuat blog adalah WordPress. Platform ini banyak digunakan karena gratis dan penggunaannya yang mudah. Siapa pun bisa membuat blog menggunakan WordPress. Tenang, Anda tidak perlu berurusan dengan coding atau programming untuk membuat blog dengan WordPress.

2. Hosting 

Anda juga membutuhkan hosting untuk membuat blog. Hosting memegang peranan penting dalam kesuksesan blog Anda. Sebab hosting adalah tempat penyimpanan semua data blog. Dari gambar, teks, HTML, plugin, hingga tema disimpan di layanan hosting. Jadi, Anda harus memilih layanan hosting yang berkualitas agar blog Anda bisa diakses tanpa gangguan. 

3. Domain

Komponen terakhir yang dibutuhkan dalam membuat blog adalah domain. Sederhananya, domain adalah alamat website Anda seperti www.rankpillar.com. Domain tidak harus selalu diakhiri dengan .COM. Anda bisa memilih berbagai ekstensi domain sesuai keinginan, dari .NET, .BLOG, .XYZ, .INFO, .ONLINE, dan masih banyak lagi. 

Panduan Lengkap & Mudah Cara Membuat Blog

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membuat blog itu mudah. Anda hanya perlu mengikuti enam langkah cara membuat blog di bawah ini:

1. Tentukan Niche Blog

Langkah pertama membuat blog yang perlu Anda lakukan adalah menentukan niche blog. Niche blog adalah topik utama yang akan Anda bahas di blog. Ada banyak niche blog yang bisa Anda pilih, dari niche kesehatan, film, musik, entertainment, otomotif, marketing, sampai kuliner. 

Pilih salah satu niche yang menurut Anda paling cocok. Kemudian jadikan niche tersebut sebagai topik utama di blog Anda. Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa harus memilih salah satu niche? Apakah Anda tidak bisa membahas banyak topik sekaligus. 

Sebenarnya, tidak ada aturan baku yang menuntut Anda untuk memilih niche. Namun, fokus pada satu niche blog punya banyak manfaat. Pertama, Anda bisa lebih fokus dalam mencari ide konten dari satu niche saja. Jadi, proses mencari ide konten bisa selesai lebih cepat. 

Kedua, Anda bisa dikenal sebagai ahli di niche tersebut. Membuat banyak konten di satu niche memudahkan orang-orang untuk mengenali keahlian Anda. Opini dan pendapat Anda akan dihargai di niche tersebut sebagai ahli. 

Ketiga, Anda akan lebih mudah dalam menghasilkan uang. Dengan menjadi ahli di satu niche, perusahaan-perusahaan pun akan lebih tertarik kerja sama dengan Anda.  

2. Pilih Layanan Hosting dan Domain

Sudah menentukan niche blog apa yang akan Anda geluti? Jika sudah, kini saatnya memilih layanan hosting dan domain. Agar blog bisa memberikan performa terbaik, Anda juga harus memilih layanan hosting dan domain terbaik. 

Ada beberapa hal yang perlu perhatikan dalam memilih layanan hosting dan domain. Pertama,  jaminan uptime. Pastikan layanan hosting Anda memiliki jaminan uptime di atas 99 persen. Hal ini penting agar blog Anda bisa diakses pengunjung setiap saat dan minim error. 

Kedua, usahakan pilih layanan hosting dan domain dengan fitur yang memudahkan Anda dalam membuat dan mengelola blog. Beberapa fitur penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah instalasi otomatis WordPress, fitur kecepatan, fitur keamanan, dan dukungan support 24 jam.

Ketiga, pertimbangan terakhir yang tidak kalah penting adalah soal harga. Pilihlah layanan hosting dan domain yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selain itu, jika memungkinkan, gunakan layanan yang memberikan garansi uang kembali. 

3. Install WordPress

Apabila Anda memilih layanan hosting dan domain yang menyediakan fitur instalasi WordPress otomatis, proses ini akan lebih mudah. Pertama, lakukan pembelian hosting dan domain. Pastikan Anda membuat nama domain yang singkat dan mudah diingat. 

Kedua, masuk ke member area hosting dan domain lalu pilih Install WordPress. 

Ketiga, masukkan informasi-informasi website seperti nama domain, judul website, deskripsi website, nama pengguna, dan password pengguna. 

Selesai, Anda telah berhasil menginstall WordPress. Untuk mengakses dashboard WordPress, ketikkan www.namadomain.com/wp-admin di browser. Kemudian masukkan nama pengguna dan password yang telah Anda buat sebelumnya. 

4. Pilih Tema 

Pada instalasi WordPress pertama, blog Anda secara default menggunakan tema resmi WordPress. Nah, Anda bisa mengganti tema tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan pilih tema yang responsif dan mobile friendly. 

Untuk mengganti tema blog, buka dashboard WordPress lalu klik menu Appearance > Themes. Di situ, Anda bisa mencari tema sesuai kategori. Agar mudah, gunakan filter kategori yang sesuai dengan niche blog Anda. 

Selain tema dari direktori WordPress, Anda juga bisa menggunakan tema dari pihak ketiga. Anda bisa mencari tema blog di situs penyedia tema baik yang gratis maupun berbayar. Download tema tersebut lalu upload file ZIP-nya ke WordPress. 

5. Install Plugin

Untuk menambahkan berbagai fitur di blog, Anda tidak perlu coding ataupun programming. Anda bisa dengan mudah menambahkan fitur di blog menggunakan plugin. Ada sejumlah plugin yang perlu Anda install untuk meningkatkan kinerja blog. Beberapa plugin tersebut adalah Yoast SEO, LiteSpeed Cache, Wordfence, Jetpack, dan Blog2Social. 

6. Buat Postingan Pertama Anda

Konten adalah komponen utama blog. Anda harus rajin membuat konten di blog untuk meningkatkan kualitas SEO. Semakin bagus kualitas SEO blog Anda, semakin besar kemungkinannya untuk muncul di halaman pertama Google. 

Bagaimana membuat konten yang baik untuk blog? Berikut caranya:

Pertama, lakukan riset keyword terlebih dahulu. Anda tidak bisa asal membuat konten tanpa melakukan riset keyword. Dengan riset keyword, Anda akan menemukan kata kunci yang banyak dicari orang dan berpotensi mendatangkan trafik ke blog. 

Kedua, buat outline. Outline adalah kerangka tulisan yang berisi poin-poin penting pada konten blog. Dengan membuat outline, proses membuat konten blog akan jadi lebih mudah dan terarah. 

Ketiga, buat konten yang lengkap dan berkualitas. Untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, Anda perlu bersaing dengan website dan blog lain. Memiliki konten yang lengkap dan berkualitas adalah modal pertama untuk mencapai hal tersebut. Jadi, pastikan Anda membuat konten yang lebih lengkap dan lebih bagus dari kompetitor.

Selain tiga langkah di atas, masih ada beberapa langkah lain dalam membuat konten blog yang berkualitas. Anda dapat membaca panduan lengkapnya di artikel Cara Membuat Artikel Berkualitas dalam 8 Langkah Mudah.

7. Optimasi SEO

Tentu Anda ingin konten-konten blog Anda muncul di halaman pertama Google, bukan? Untuk bisa mencapai itu, Anda perlu melakukan optimasi SEO. Pada langkah sebelumnya, Anda telah membuat konten yang lengkap dan berkualitas. Itu adalah modal utama optimasi SEO. 

Optimasi SEO sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu on page SEO dan off page SEO. On page SEO adalah optimasi yang dilakukan pada konten dan blog, sedangkan off page SEO adalah optimasi yang dilakukan di luar blog. 

Ada banyak langkah optimasi yang perlu Anda lakukan untuk on page SEO dan off page SEO. Penjelasan lengkap mengenai on page SEO dan off page SEO bisa Anda temukan di kedua artikel ini:

  • 10 Trik Optimasi On Page SEO Paling Lengkap
  • 6 Langkah Optimasi Off Page SEO

Simpulan

Selesai, Anda telah berhasil membuat blog pertama Anda. Ingat, ini baru awal perjalanan Anda dalam membangun blog. Anda perlu rajin meng-update konten di blog agar bisa melihat hasilnya nanti. 

Buat banyak konten yang lengkap dan berkualitas agar orang-orang bisa mengenal Anda sebagai ahli di bidang tersebut. Dengan begitu, pasti akan banyak perusahaan yang ingin mengajak Anda kerja sama baik untuk endorsement atau iklan. Selamat mencoba!