Setiap pemilik website dan blog pasti selalu punya masalah ini: bagaimana bisa mendapatkan trafik tinggi setiap saat? Jika Anda termasuk yang punya masalah ini, jangan khawatir. Anda telah menemukan artikel yang tepat. Di artikel ini, Anda akan dipandu untuk meningkatkan trafik website dengan efektif.

Meningkatkan Trafik Website dalam 15 Langkah

Meningkatkan trafik website memang bukan hal mudah. Namun, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Di bawah ini kami akan menjelaskan 15 cara meningkatkan trafik website yang terbukti efektif.

1. Gunakan Tema yang Responsif

Memilih tema WordPress untuk website tidak bisa asal-asalan. Sebab pertimbangan pemilihan tema tidak hanya berdasarkan visualnya saja. Anda juga harus memastikan tema yang Anda gunakan itu responsif. 

Responsif yang dimaksud di sini adalah tema yang tampilannya bisa mengikuti ukuran layar daan resolusinya. Jadi, tema WordPress responsif memungkinkan website Anda untuk bisa digunakan di perangkat apa pun. Dari desktop, tablet, hingga perangkat mobile.

Tentu hal ini sangat penting karena bepengaruh pada kenyamanan pengunjung website. Apabila pengunjung merasa kesulitan menggunakan website Anda, mereka tidak akan ragu untuk mencari website lain yang lebih mudah digunakan.  

Jadi, pastikan tema WordPress yang Anda pilih responsif. Jangan ragu-ragu untuk mencoba sebuah tema terlebih dahulu. Baca review pengguna lain. Dan yang tidak kalah penting adalah fokus pada kemudahan penggunaan dalam memilih tema. 

2. Kecepatan Website

Lagi lagi bicara soal kenyamanan pengguna. Keceppatan website juga memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan pengunjung website Anda. Pengunjung website cenderung tidak sabar dan akan meninggalkan website yang loading-nya lebih dari 3 detik. 

Anda perlu memastikan loading website Anda tidak lebih dari 3 detik atau paling tidak mendekati 3 detik. Semakin cepat loading website, semakin bagus. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu menunggu lama hanya untuk menunggu satu halaman website terbuka. 

Selain itu, kecepatan loading website yang tinggi juga memberikan efek positif terhadap SEO. Sebab Google memasukkan kecepatan loading website sebagai salah satu faktor utama dalam menentukan ranking. Dengan begitu, website Anda punya peluang lebih besar untuk mendapatkan lebih banyak trafik jika muncul di halaman pertama Google.

Nah, sekarang cek seberapa cepat website Anda. Anda bisa mengecek kecepatan website di PageSpeed Insight dari Google. Di situ Anda akan mendapatkan informasi kecepatan website di perangkat desktop dan mobile. Anda juga akan memperoleh saran apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

3. Buat Website Mobile Friendly

Pada langkah sebelumnya, Anda sudah mengecek performa kecepatan website di PageSpeed Insight. Bagaimana performa website Anda di perangkat mobile? Apakah sudah mendapatkan skor hijau? 

Jika skor Anda masih merah di PageSpeed Insight, artinya website Anda belum bisa dikatakan mobile friendly. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada trafik website yang Anda dapatkan. Sebab kini orang lebih banyak mengakses website melalui perangkat mobile.

Apabila website Anda belum mobile friendly, tentu pengguna akan kesulitan mengakses website Anda melalui perangkat mobile. Trafik yang seharusnya bisa Anda dapatkan melalui perangkat mobile jadi berkurang.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Salah satu cara yang efektif adalah menggunakan Google AMP. Accelerated Mobile Pages merupakan teknologi dari Google yang memungkinkan halaman website loading lebih cepat di perangkat mobile.

Google AMP akan menyederhanakan tampilan website Anda di perangkat mobile sehingga jadi lebih ringan dan loading juga jadi lebih cepat. Ada beberapa fitur website yang tidak muncul di versi mobile, tapi website Anda akan tampil lebih cepat.

4. Lakukan Riset Keyword

Pada tiga poin sebelumnya, kami sudah membahas banyak hal soal teknis website, dari tema responsif sampai mobile friendly. Mulai dari poin keempat, kami akan mulai membahas lebih banyak soal konten. 

Konten merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan trafik website. Mengapa? Karena orang datang ke website Anda untuk mencari informasi. Mereka butuh informasi yang tepat. 

Untuk bisa membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan pembaca, Anda perlu melakukan riset keyword. Riset keyword akan membantu Anda menemukan kata kunci yang banyak dicari orang dan berhubungan dengan website Anda. 

Anda bisa melakukan riset keyword dengan bantuan tool. Beberapa tool riset keyword yang dapat Anda gunakan adalah Google Trends dan Ubersuggest. Keduanya tool riset keyword yang cukup mumpuni untuk tool gratis. 

5. Buat Konten Berkualitas

Pada langkah sebelumnya, Anda telah melakukan riset keyword. Berapa kata kunci yang sudah Anda dapatkan? Nah, sekarang saatnya untuk membuat konten dari kata kunci tersebut. Ingat, Anda harus membuat konten yang berkualitas, bukan sembarang konten.

Seperti apa konten yang dianggap berkualitas baik?

Pertama, pastikan konten sudah sesuai kebutuhan yang dicari pengguna. Kebutuhan setiap kata kunci tentu berbeda-beda. Ada kata kunci yang membutuhkan konten tutorial. Ada yang membutuhkan konten deskripsi. Ada juga yang membutuhkan konten listicle. Anda harus tahu apa yang dibutuhkan pengguna dan buat konten berdasarkan kebutuhan tersebut. 

Kedua, buat konten yang lengkap. Konten Anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan konten lain di Google. Pembaca tentu akan lebih suka konten yang lengkap karena bisa mendapatkan lebih banyak informasi di sana. 

Ketiga, pastikan konten Anda mudah dibaca. Anda bisa membuat konten lebih mudah dibaca dengan menggunakan kalimat dan paragraf pendek. Manfaatkan heading dan subheading agar poin-poin utama konten Anda terlihat jelas. Selain itu, hindari penggunaan kata-kata yang asing dan rumit. 

6. Tambahkan Media Visual

Konten yang berisi teks saja tanpa ada media visual sangatlah membosankan. Selain itu, pembaca juga akan mudah lelah jika hanya melihat tulisan terus menerus. Itulah kenapa penting untuk menambahkan media visual ke dalam konten. 

Anda bisa menambahkan gambar seperti ilustrasi, tabel, chart, komik, hingga infografik. Tidak hanya membuat konten Anda lebih berisi, gambar-gambar tersebut juga akan memudahkan pembaca memahami konten Anda. 

Apalagi jika topik yang Anda bahas memang cukup sulit untuk dipahami. Anda bisa memanfaatkan gambar ilustrasi atau infografik. Pembaca juga akan lebih suka membagikan gambar seperti ilustrasi dan infografik. Ketika membagikan infografik atau ilustrasi Anda, secara tidak langsung mereka juga mempromosikan website Anda. 

7. Buat Video di YouTube

Anda sedang ingin meningkatkan trafik website, tapi malah disuruh membuat video di YouTube. Apakah ini masuk akal? Tentu saja. Video di YouTube bisa membantu Anda meningkatkan trafik website.

Kok bisa?

Video bisa membantu pembaca untuk menghabiskan waktu lebih banyak di website Anda. lebih banyak waktu yang dihabiskan di website, lebih bagus juga efeknya pada kualitas SEO website Anda. Artinya, peluang untuk meningkatkan trafik website menjadi lebih besar. 

Apabila punya video di YouTube, Anda tidak perlu meng-upload video di hosting. Anda hanya perlu mengembed video dari YouTube ke konten Anda di website. Dengan begitu, hosting Anda tidak akan terbebani dan pembaca tetap bisa melihat video di website. 

8. Aktif di Media Sosial

Membuat konten berkualitas, sudah. Menambahkan gambar, sudah. Meng-embed video YouTube di konten juga sudah. Namun, itu saja belum cukup. Anda juga perlu aktif mempromosikan konten yang sudah Anda buat. 

Media sosial adalah salah satu platform paling tepat untuk mempromosikan konten-konten di website Anda. Ada Facebook, Twitter, Instagram, LINE, dan masih banyak lagi. Tentu Anda tidak harus menggunakan semua media sosial yang ada. 

Selain memakan banyak waktu, menggunakan semua media sosial juga belum tentu efektif. Sebab audiens Anda belum tentu menggunakan semua media sosial tersebut. Pilihlah media sosial yang paling banyak digunakan audiens Anda. 

Jika sudah menentukan media sosial mana saja yang akan digunakan, Anda bisa mulai mempromosikan konten Anda. Namun, Anda tidak bisa hanya membagikan link. Anda perlu membuat konten yang sesuai dengan tren di media sosial tersebut.

Misalnya, Anda menggunakan Twitter. Anda bisa membuat thread mengenai sebuah topik di website Anda. Lalu di akhir thread, Anda bisa mengarahkan pembaca untuk mengunjungi website Anda.

9. Aktif di Forum Online

Hampir setiap niche website pasti mempunyai forum online. Baik forum online di Facebook Group, di Kaskus, atau bahkan mempunyai website sendiri. Temukan forum-forum di niche Anda untuk mempromosikan konten di website Anda. 

Anda bisa memulainya dengan Facebook Group. Coba cari kata kunci yang berhubungan dengan niche Anda dan gunakan filter Group. Anda bisa temukan banyak grup Facebook yang membahas berbagai hobi. Dari grup traveling, kuliner, digital marketing, pemilik kucing, pemilik anjing, hingga grup memasak pun bisa Anda temukan di Facebook.

Selain Facebook, Anda juga bisa mencarinya di Kaskus. Kaskus terkenal dengan forum-forumnya yang beragam. Selain itu, Anda juga bisa mencari website forum khusus untuk topik tertentu. Misal, di niche beauty ada forum online Female Daily. 

Bergabunglah ke grup-grup yang sudah Anda temukan. Setelah itu, Anda bisa mulai aktif berdiskusi dengan anggota lainnya, baik itu membuat postingan baru di grup atau hanya sekadar memberikan komentar. Intinya, aktif dan terlibatlah di aktivitas grup.

Dengan begitu, Anda akan dikenal oleh anggota lainnya. Kemudian Anda bisa mempromosikan konten-konten di website Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan anggota lain, baik itu dalam bentuk blog walking atau bahkan guest blogging.

10. Promosikan Konten di Quora

Quora merupakan salah satu platform tanya jawab online terbesar. Kini Quora telah memiliki edisi Bahasa Indonesia. Anda bisa memanfaatkan platform ini untuk mempromosikan konten di website Anda. 

Di Quora, Anda bisa memilih topik-topik yang sesuai dengan ketertarikan Anda. Pilihlah yang sesuai dengan niche website Anda. Setelah itu, jika ada pengguna yang bertanya di topik tersebut, Anda bisa menjawabnya. 

Di jawaban tersebut, Anda bisa menyisipkan link yang mengarah ke website Anda. Meskipun link di Quora termasuk nofollow, Anda tetap bisa mendapatkan trafik dari Quora. Selain itu, Anda juga bisa dianggap sebagai ahli di topik tertentu. Dengan begitu, Orang-orang akan lebih percaya pada Anda dan konten-konten yang Anda buat di website. 

11. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging merupakan salah satu cara promosi konten yang layak Anda coba. Guest blogging adalah menulis konten untuk website atau blog orang lain. Mungkin Anda bertanya-tanya, kok malah diminta menulis konten untuk orang lain.

Tenang, ini tetap bisa menguntungkan Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa menyisipkan link di konten guest blogging yang mengarah ke website Anda. Dari link itu, pembaca di website atau blog tersebut bisa mengunjungi website Anda. 

Agar guest blogging bisa memberikan hasil yang efektif, Anda perlu mencari website atau blog yang lebih populer dari website Anda. Anda bisa mencari target guest blog ini dari grup atau forum online yang Anda ikuti. Di sana Anda bisa bertemu dengan blogger lain yang niche-nya sama dengan website Anda.

12. Kerja Sama Backlink

Meningkatkan trafik website tidak akan maksimal tanpa ada strategi backlink yang efektif. Backlink merupakan salah satu faktor utama yang digunakan Google untuk menentukan ranking di hasil pencariannya.

Semakin bagus kualitas backlink ke website Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Itu artinya peluang untuk mendapatkan banyak trafik jadi lebih besar. 

Dalam mencari backlink, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, jangan fokus pada jumlah backlink saja. Mendapatkan banyak backlink dari domain berkualitas rendah malah akan membahayakan reputasi website Anda.

Kedua, perhatikan kualitas domain. Pastikan Anda mendapatkan backlink dari domain berkualitas bagus. Kualitas domain ini bisa Anda lihat dari skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Semakin tinggi skor DA dan PA, semakin bagus kualitas backlinknya.

Ketiga, hindari backlink dari domain spam. Banyak domain spam yang bisa memberikan backlink dalam jumlah banyak. Namun, alih-alih mendapatkan trafik tinggi, website Anda bisa di-banned oleh Google. Sebab Google tidak memberikan toleransi terhadap backlink spam. 

13. Manfaatkan Ads

Jika Anda punya budget untuk iklan, promosi konten lewat ads tidak boleh dilewatkan. Ada banyak platform ads yang bisa Anda gunakan. Dari Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, hingga Twitter Ads. 

Jangan khawatir soal biaya karena Anda bisa menentukan budget iklannya sendiri. Jadi, Anda bisa membuat iklan yang sesuai dengan anggaran keuangan Anda. Kebanyakan layanan ads menggunakan metode pembayaran PPC atau Pay Per Click. Jadi, Anda hanya perlu membayar sesuai jumlah iklan yang dikllik oleh pengguna. 

14. Mulai Email Marketing

Promosi melalui email tidaklah ketinggalan zaman. Bahkan email marketing bisa menjadi sumber trafik yang cukup menjanjikan. Sebab email terbukti masih menjadi salah satu media promosi yang efektif. Bahkan menurut riset McKinsey, email 40 kali lipat lebih efektif untuk melakukan promosi dibanding media sosial. 

Untuk bisa memulai kampanye email marketing, Anda harus memiliki daftar email penerimanya terlebih dahulu. Tugas Anda adalah mendapatkan alamat email orang lain. Bagaimana membujuk orang agar mau memberikan alamat emailnya kepada Anda?

Tenang, ada banyak cara. Anda bisa menawarkan ebook gratis, konten eksklusif, konsultasi gratis, atau hal lain yang menguntungkan penerima. Nah, untuk bisa mendapatkan layanan tersebut, penerima harus memberikan alamat emailnya. Dari situlah Anda bisa mendapatkan banyak alamat email. 

Setelah punya daftar email yang cukup, Anda bisa mulai mengirimi mereka konten-konten di website Anda melalui email marketing. Buatlah konten email marketing yang menarik agar penerima tertarik untuk membuka email Anda. 

15. Amati Kompetitor

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah mengamati kompetitor. Ya, Anda harus rajin mengamati pergerakan kompetitor. Cari tahu konten apa saja yang mereka buat, dari mana mendapatkan backlink, di blog mana mereka melakukan guest blogging, dan lain sebagainya. 

Dengan tahu apa yang dilakukan kompetitor, Anda bisa menyusun strategi meningkatkan trafik website lebih baik. Ini penting karena Anda menargetkan audiens yang sama. Jadi, Anda bisa mengarahkan orang untuk memilih website dibanding website kompetitor. 

Simpulan

Meningkatkan trafik website butuh banyak usaha. Langkah-langkah di atas perlu diterapkan secara konsisten agar usaha Anda membuahkan hasil. Semoga artikel ini membantu, selamat mencoba!