Bicara soal SEO pasti tidak bisa lepas dari bahasan Domain Authority (DA). Bagi para blogger pemula atau siapa saja yang baru belajar SEO, isitilah ini mungkin cukup asing. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membahasnya secara lengkap di artikel ini.

Di artikel ini kami akan membahas apa itu Domain Authority (DA) dan mengapa ini penting untuk website. Selain itu, kami juga akan membahas cara-cara jitu untuk meningkatkan nilai Domain Authority (DA) website Anda. 

Apa Itu Domain Authority?

DA atau Domain Authority  adalah skor yang dikembangkan oleh MOZ untuk mengukur kualitas sebuah website untuk muncul di hasil pencarian. DA diukur dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi nilai DA, semakin besar kemungkinannya untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian. 

Walaupun begitu, harus diingat bahwa DA dikembangkan oleh MOZ, bukan Google. Jadi Anda bisa menemukan layanan lain yang menggunakan istilah berbeda. Misalnya, di Ahrefs, Anda akan menemukan istilah Domain Rating (DR) yang fungsinya sama dengan DA.

MOZ mengukur nilai DA sebuah website berdasarkan beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah kualitas backlink. Semakin bagus kualitas backlink sebuah website, semakin tinggi pula skor DA-nya. 

Sebagai contoh, Wikipedia sebagai website populer bisa mendapatkan skor DA tinggi. Itu bisa terjadi karena banyak website yang menjadikan Wikipedia sebagai rujukan. Website-website memberikan backlink ke Wikipedia sehingga skor DA-nya menjadi tinggi.

Nah, mungkin Anda bertanya-tanya, apakah website Anda bisa mendapatkan skor DA tinggi? Jawabannya, tentu bisa!

Jika Anda baru membuat website, tentu belum banyak link yang menuju ke website Anda. Jadi skor DA website Anda masih 1. Namun, tak perlu panik karena Anda bisa meningkatkan skor DA. Di bawah ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana Anda bisa meningkatkan skor DA website Anda.

7 Cara Meningkatkan Domain Authority

Setidaknya ada tujuh cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan skor DA website atau blog Anda. Namun, sebelum mengikuti panduan ini, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu hasilnya tidak akan jadi dalam sekejap.

Ya, berat mengakui ini, tapi memang itulah kenyataanya. Anda memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan skor DA yang tinggi. Jadi setelah menerapkan langkah-langkah di bawah ini, Anda perlu menunggu sekitar beberapa minggu untuk melihat hasilnya. 

Sudah siap? Mari mulai dari cara pertama!

1. Dapatkan Backlink Berkualitas

Di awal tadi sudah sempat disinggung bahwa salah satu faktor utama DA adalah backlink. Ya, Anda perlu backlink berkualitas untuk mendapatkan DA yang tinggi. Untuk bisa memperoleh backlink berkualitas, Anda perlu mendapatkannya dari website dengan DA tinggi. 

Bagaimana Anda bisa mengecek skor DA sebuah website? Anda bisa menggunakan tool MOZ. Cukup ketikkan domain yang ingin Anda cek skornya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan laporan seperti ini.

Bisa Anda lihat, Domain Authority (DA) Wikipedia adalah 90. Ini tentu tidak mengejutkan karena banyak website yang menjadikan Wikipedia sebagai sumber. 

Haruskah Anda mendapatkan backlink dari website dengan skor DA setinggi ini? Tentu tidak. Anda perlu menentukan sendiri standar website seperti apa yang bisa Anda ajak kerja sama. Anda bisa mengawali kerja sama backlink Anda dengan website dengan skor DA biasa saja. 

Setelah itu, jika skor DA website Anda mulai naik, baru Anda bisa mulai kerja sama dengan website dengan skor DA lebih tinggi. 

2. Hindari Backlink Spam

Mungkin Anda sudah mendapatkan backlink, tetapi DA Anda tidak kunjung naik. Masalahnya di mana? Hal pertama yang perlu Anda cek adalah apakah backlink yang sudah didapatkan termasuk spam atau bukan. 

Jika backlink yang Anda dapatkan termasuk spam, sebaiknya segera bersihkan. Hal ini akan mempengaruhi reputasi website Anda karena Google tidak memberikan toleransi terhadap link spam.   

Jadi selalu periksa reputasi website yang akan Anda ajak kerja sama. Apakah mereka termasuk website spam atau bukan. Jika iya, sebaiknya segera batalkan kerja sama. Sebab mau sebanyak apa pun link yang Anda dapatkan dari website spam, itu akan membahayakan website Anda. 

3. Dapatkan Link dengan Trafik Tinggi

Dalam beberapa kasus, ada website dengan DA tidak terlalu tinggi, tapi mempunyai trafik banyak. Apakah Anda harus mendapatkan backlink dari website tersebut? Jawabannya adalah ya. 

Website dengan DA tidak terlalu tinggi, tapi trafiknya berpotensi untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Jadi jangan selalu terpaku pada DA, tapi perhatikan juga jumlah trafik yang didapatkan sebuah website.

4. Buat Website Mobile Friendly

Pada tiga poin sebelumnya, kami sudah banyak membahas soal backlink. Nah, selanjutnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah kualitas website Anda. Pertama, Anda harus memastikan bahwa website Anda sudah mobile friendly.

Kenapa website harus mobile friendly? Karena semakin banyak orang yang mengakses website lewat perangkat mobile. Jadi Google memasukkan website mobile friendly sebagai salah satu indikator dalam mengurutkan peringkat website di hasil pencariannya. 

Jangan sampai Anda sudah mendapatkan backlink, tapi website Anda tidak bisa diakses dengan mudah di perangkat mobile. Usaha Anda akan sia-sia karena pengunjung akan kesulitan mengakses website Anda di perangkat mobile mereka.

5. Tingkatkan Kecepatan Loading Website

Selain website mobile friendly, kecepatan loading website juga penting. Sebab kecepatan loading website juga merupakan salah satu faktor utama Google dalam menilai sebuah website. Google mengatakan, 53 persen orang akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik. 

Jika website Anda lambat, kemungkinan besar semakin banyak pengunjung yang akan meninggalkan website Anda. Hal ini tentu buruk karena meningkatkan bounce rate. Bounce rate yang tinggi akan mempengaruhi penilaian Google terhadap website Anda. 

Alhasil backlink yang sudah susah payah Anda dapatkan menjadi sia-sia karena loading website Anda tidak cepat. Semakin banyak pengunjung yang akan meninggalkan website Anda yang artinya bounce rate semakin tinggi.

6. Buat Konten Berkualitas

Faktor utama DA memang pada kualitas backlink. Namun, Anda tidak bisa mengabaikan kualitas konten di website. Konten website dengan kualitas bagus juga berpengaruh terhadap bagaimana Anda bisa mendapatkan backlink.

Mengapa bisa begitu? Sebab website dengan DA tinggi tidak mau begitu saja memberikan link kepada website yang kontennya jelek. Itu akan mempengaruhi reputasi mereka. Mereka tidak mungkin mengarahkan pengunjungnya ke website yang kontennya kurang bagus. 

Selain itu, konten berkualitas juga merupakan magnet untuk backlink. Ketika orang membaca konten Anda dan menganggap itu bagus, mereka dengan sukarela membagikannya.  Orang tentu tidak mau membagikan konten yang buruk, bukan? Apalagi pemilik website dengan DA tinggi. Mereka pasti pilih-pilih konten apa yang layak dibagikan di websitenya.

Jadi pastikan Anda membuat konten yang bagus agar orang lain sukarela membagikannya di website mereka. Semakin puas dengan konten Anda, semakin besar keinginan mereka untuk membagikannya. 

7. Perbaiki SEO On Page

Meskipun domain authority lebih erat kaitannya dengan backlink (SEO off page), Anda tidak bisa mengabaikan SEO on page. SEO on page adalah optimasi pada halaman dan konten yang ada di website Anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan pada konten di website Anda. 

Mengapa ini SEO on page penting? Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pembaca. Bayangkan, Anda sudah menghubungi pemilik website dengan DA tinggi untuk bertukar backlink. Mereka tentu akan mengecek website Anda terlebih dahulu. Apabila mer

Apa saja langkah optimasi SEO on page yang perlu Anda lakukan? 

Pertama, pastikan Anda mengoptimasi gambar pada konten. Menambahkan gambar itu bagus, tapi ukuran file yang terlalu besar akan memperlambat loading website. Jadi Anda perlu mengecilkan ukuran file gambar terlebih dahulu sebelum meng-uploadnya. 

Kedua, manfaatkan heading dan subheading. Jika menggunakan WordPress, Anda tentu sudah cukup familiar dengan heading dan subheading. Kelihatan sepele, tapi ini cukup membantu pembaca untuk menemukan poin-poin penting di konten Anda.

Ketiga, gunakan internal link semaksimal mungkin. Bukan hanya external link yang penting. Internal link juga penting karena berfungsi untuk menunjukkan keterhubungan konten di website Anda. Selain ini lebih disukai Google, pembaca Anda juga akan terdorong untuk menghabiskan waktu lebih lama di website Anda. 

Keempat, tempatkan keyword yang Anda targetkan pada 100 kata pertama. Hal ini penting agar pembaca langsung tahu apa yang akan Anda bahas. Jadi sebaiknya Anda tidak membuat opening artikel yang bertele-tele. Dengan begitu, pembaca bisa langsung tahu apa yang akan mereka dapatkan dari konten Anda. 

Mau jago nulis artikel? Baca tips berikut:

Cara membuat artikel berkualitas dalam 8 langkah mudah

Kelima, buat link jadi open in new tab. Terlihat sepele, tapi penting. Langkah ini perlu dilakukan agar pembaca tidak terganggu ketika membuka link di konten Anda. Selain itu, ini juga akan memudahkan mereka membaca konten lain di website Anda.

Sudah Siap Meningkatkan Domain Authority Website Anda?

Ketujuh langkah di atas tentu tidak terlalu sulit, bukan? Anda hanya membutuhkan kesabaran karena hasilnya memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Mungkin Anda sudah melakukan semua optimasi pada bulan ini. Namun, hasil baru benar-benar bisa dirasakan dalam empat atau enam minggu kemudian.

Kelihatannya memang melelahkan. Namun, semua pemilik website juga mengalami hal tersebut. Website-website yang memiliki skor DA tinggi sekarang tidak mendapatkannya secara instan. Mereka juga butuh waktu lama sampai mendapatkan skor tersebut. Dan memang tidak ada cara instan untuk mencapai skor DA tinggi. 

Jadi, sudah siap untuk meningkatkan domain authority website Anda? Terapkan tujuh langkah di atas dan tunggu hasilnya. Kuncinya adalah kesabaran. Selamat mencoba!