Jika Anda adalah seorang blogger, pasti sering sekali bertanya-tanya mengenai berapakah harga yang tepat untuk 1 kali posti untuk blog saya?

Jawaban yang paling tepat sebenarnya bisa datang dari Anda sendiri dengan cara berkaca pada sudah seberapa pantas blog saya memiliki harga 1 juta rupiah, 2 juta atau bahkan puluhan juta satu kali post?

Untuk mengetahui ini, kita juga perlu tahu setidaknya apa maksud sebuah brand/company memakai jasa kita? Terkadang “mungkin saja” Anda terbelalak tatakala ada sebuah brand besar seperti Nike, Adidas, Lazada, Indomie atau Traveloka melakukan penawaran langsung ke Anda untuk membuat satu kali content placement di blog atau website Anda.

Jangan pernah gelap mata ketika ada brand besar datang
Jangan pernah gelap mata ketika ada brand besar datang

Mengetahui kalau kita sedang berhadapan dengan brand besar, “mungkin saja” ada beberapa diantara kita yang gelap mata dan langsung menyodorkan rate  5 juta! Padahal? Blog Anda tidak sepantasnya dibayar 5 juta, mungkin sebenarnya hanya 200 ribu?

Untuk itu kami coba sampaikan beberapa point terkait akan seberapa besarkah nilai sebuah 1 kali blogpost (content placement) melihat dari sisi kebutuhan brand. Poin-poin ini diurut dari kemungkinan nilai terbesar yang bisa Anda dapat hingga terkecil:

  • content placement untuk awareness

Biasanya tipe-tipe content placement ini memiliki goal akhir yaitu bagaimana sebuah blogpost akan mendapatkan pageview sebanyak-banyaknya dalam waktu tertentu (bisa 1 minggu-bulan), ada beberapa brand yang tidak 100% percaya pada blogger. Nah biasanya brand akan menanyakan mengenai perkiraan berapa banyak taksiran pageview yang akan didapat dalam kurun waktu 1 minggu sampai 1 bulan dari sebuah konten yang nanti akan diterbitkan di laman blog kita.

Blog-blog yang dihubungi oleh brand untuk goal seperti ini biasanya blog-blog yang ramai pengunjungnya. Tidak ada minimal berapa domain authority, yang dilihat biasanya berapa rank Alexa blog Anda? Biasanya diatas dibawah 800k akan dihubungi.

Nah disini Anda sebagai blogger dituntut untuk jeli. Jeli untuk siap menjawab segala aspek pertanyaan brand mengenai performance sebuah blogpost Anda terdahulu dan perkiraan nanti. Jeli dan paham akan menjawab pertanyaan seperti kira-kira posting ini bisa dapat berapa share, ya? Akan ada berapa komen, ya? Dalam seminggu kira-kira akan ada berapa views, ya? Jawab dengan jujur dan buatlah konten sebagus mungkin, lalu hasil baik akan mengikuti Anda, percaya 🙂

Tips: bila blog Anda memiliki fitur sticky post, mungkin ini akan menjadi nilai lebih. Anda bisa menawarkan sebuah brand untuk 1 post mereka bisa di sticky post untuk jangka waktu tertentu, biasanya teknik seperti ini dilakukan oleh media-media besara seperti katakanlah Kompas yang bisa menayangkan kontenmu dalam headline yang mereka sticky.

  • content placement untuk product launch

Untuk sebuah konten yang bertujuan untuk product launch biasanya brand tidak akan berbicara panjang lebar untuk masalah seberapa besar pageview yang akan mereka dapatkan untuk 1 kali post di blog kita. Tujuan akhir dari jenis content placement ini biasanya natural hanya ingin pembaca blog-blog untuk tahu kalau si brand A mengeluarkan produk baru.

Metriks pencapaiannya dari content placement ini dilihat dari seberapa banyak interaksi yang terjadi di artikel yang sudah dipost, bisa dilihat dari berapa banya jumlah komentar, seberapa aktif blog owner membangun opini produk baru ini melalui artikelnya atau membangun opini baik lewat komentar, jumlah share yang bagus akan menjadi bonus untuk brand.

Blog-blog yang ramai komentar dengan pembaca yang aktif akan sangat diminati para brand, mungkin bila blog owner bisa mempredikisi akan ada berapa komentar yang akan muncul di artikelnya nanti, ini akan sangat membuat brand menyukai untuk selalu menggunakan jasa Anda.

  • content placement untuk kebutuhan SEO

Yang terakhir ini hanya memiliki satu tujuan akhir, yaitu bagaimana si brand bisa “menitipkan” link mereka di blog Anda. Karena sepertinya tidak banyak tekanan dari sisi apakah kita bisa memprediksi jumlah view?  apakah kita bisa memprediksi jumlah share? apakah kita bisa memprediksi jumlah komen?

Maka nilai 1 kali posting tidak akan lebih mahal dibanding kedua jenis content placement diatas. Biasanya brand sudah memiliki range harga yang diambil dari range domain authority yang sudah mereka tetapkan. Jadi bila kita sudah paham akan maksud brand, maka silahkan cek sudah berapa nilai domain authority blog Anda? Semakin besar biasanya akan semakin mahal. Biasanya blog-blog yang memiliki domain authority diatas 30, brand berani membayar ~1 juta.

Tapi jangan salah langkap, karena domain authority bukanlah segalanya. Bila domain authority blog Anda bagus dan besar, namun isi blog Anda tidak berbobot, konten Anda kurang ada kualitas, maka harganya akan jatuh.

Nah sekian publish-rate, jangan sampai terkecoh, dan yuk mulai sekarang tahu kualitas blog kita sehingga bisa menetapkan rate yang pantas.

Salam.

written by: Henry (rankpillar@gmail.com)
image by: William Stitt